Dana | Am_Am | Arga

Laki-laki, 20 tahun

Malang, Indonesia

Terkadang pelajaran itu tidak didapat dari diri sendiri, namun dari pengalaman orang lain, sehingga kita dapat merenung pada diri sendiri untuk menjadi orang dewasa dan punya masa depan yang cerah seperti dirinya yang kita sayang.
::
Start
Ardboy Corporation
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Saturday 18 January 2014

RANCANGAN SOP SDM Bengkel Hartono Motor



Halo semua, lama nih ga posting. Kali ini aku mau posting tugasku di kuliah akuntansi, yaitu tentang rancangan SOP buat persiapan PKL. kebetulan tempat yang jadi PKL sendiri adalah di Usaha Ortu sendiri. hehe, Jadi ga masalah kalo di share, sekalian Promosi. 

RANCANGAN SOP SDM Bengkel Hartono Motor
Oleh A. Pradana P. (1220608)
Akuntansi’2012

1.      Latar Belakang
            Berkembangnya dunia kerja membuat sebagian orang mau tidak mau harus berlomba-lomba dalam mencari kerja atau bahkan membuat lapangan pekerjaan sendiri. Banyaknya tingkat pengangguran dan jumlah antara pencari kerja dan lowongan kerja yang tidak seimbang membuat negara ini harus menciptakan ide-ide kreatif untuk menanggulanginya. Sebagai contoh perusahaan di bidang jasa  yang sebenarnya adalah bagian dari pembuka lowongan kerja turut andil dalam menciptakan ide-ide kreatifnya mengikuti perkembangan zaman yang serba modern ini. peluang-peluang ini dimanfaatkan oleh para pembuat jasa, seperti jasa Service sepeda motor. Dengan melihat membludaknya permintaan konsumen untuk memakai sepeda motor sebagai alasan mampu menyelesaikan masalah kemacetan terutama di kota-kota besar. Di situlah untung dapat diraih pengusaha mulai dari dealer motor, Tukang Service, BBM, dan masih banyak lagi.
            Konsumen tahu bahwa menggunakan kendaraan bermotor terutama sepeda motor sangat efisien untuk bekerja, bersekolah, dan lainnya dengan alasan bebas dari kemacetan. Tetapi tentu sebuah barang tidak akan awet begitu saja setelah dipakai lama. Layaknya manusia, pasti pernah mengalami sakit. Namun berkat kecanggihan teknologi sepeda motor itulah muncul jasa reparasi atau Service di mana-mana.  Sekarang banyak pedoman perawatan dari pabrik yang mengeluarkan sepeda motor itu sendiri agar konsumen selalu bisa tersenyum setiap berkendara.
            Banyaknya dealer membuat penjualan sepeda motor menjadi melejit. Apalagi dengan banyaknya keuntungan dan sistem kredit yang memudahkan konsumen untuk membeli motor. Tetapi dari itu semua tidak mungkin semua dealer menyediakan reparasi di setiap tokonya, karena selalu tidak seimbang antara jumlah pengeluaran sepeda motor dengan persentase jasa Service yang ada. Jadi peluang untuk jasa Service sangatlah terbuka lebar, mengikuti perkembangan yang ada. Oleh karena itu saya berkeinginan untuk melakukan penelitian di area jasa Service terutama bengkel sepeda motor ini.
            Saya mengambil bengkel yang bernama Hartono Motor. Karena bengkel ini sudah berdiri sejak tahun 1996 dan sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat mengikuti permintaan pasar. Dari tahun ke tahun bengkel ini selalu punya karyawan, terkadang juga menerima siswa magang untuk membantu jasa servicenya. SDM di bengkel ini sangatlah menjunjung tinggi kualitas, bukan kuantitas. Tetapi untuk semua itu tidak semua orang bisa bergabung begitu saja. Oleh karena itu saya akan membuatkan rancangan SOP untuk bengkel ini.
Berikut Ini SOP yang akan di butuhkan di Bengkel Hartono Motor :
a.       SOP Pelatihan Sumber Daya Manusia
b.      SOP Training Karyawan Baru
c.       SOP Perekrutan Karyawan
d.      SOP Gaji Karyawan
e.       SOP Pembuatan Tata Tertib Karyawan
f.       SOP Tata Tertib Karyawan
g.      SOP Penilaian Kerja
h.      SOP Izin Karyawan
i.        SOP Pengembangan Sumber Daya Manusia
j.        SOP Kinerja Karyawan
k.      SOP Upah Karyawan
l.        SOP Keselamatan Karyawan
m.    SOP Pelayanan
n.      SOP Penunjang Sumber Daya Karyawan
o.      SOP Peningkatan Mutu Karyawan
p.      SOP Keselamatan Konsumen
q.      SOP Pelayanan Konsumen
r.        SOP Tata Tertib Konsumen
s.       SOP Perencanaan Sumber Daya Manusia





Struktur Organisasi Bengkel “Hartono Motor”


Job Description
Jabatan             : Manajer
  1. Mengatur, dan mengawasi kegiatan bawahannya.
  2. Bertanggung  jawab  atas  kegiatan bawahannya
  3. Mengadakan pencatatan mengenai besarnya biaya yang dikeluarkan oleh masing-masing mesin/peralatan pabrik.
  4. Menjaga disiplin kerjadan menilai prestasi kerja bawahannya secara berkala.
Jabatan             : Bagian Keuangan dan Pemasaran
  1. Membantu dan mendampingi manajer dalam menjalankan organisasi.
  2. Bertanggung jawab atas manajemen atau pengelolaan keuangan dan pemasaran organisasi..
  3. Melengkapi perangkat kesekretariatan.
  4. Bersama ketua menandatangani surat-surat organisasi.
  5. Bertanggung jawab kepada manajer
Jabatan             : Teknisi
  1. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan peserta magang.
  2. Menjaga disiplin kerja dan menilai prestasi kerja bawahannya secara berkala.
  3. Bertanggungjawab kepada Manajer
Jabatan             : MAGANG
  1. Mengikuti semua tata tertib yang di berikan kepada magang
  2. Mengikuti Training
  3. Bertanggung jawab kepada teknisi






SOP Pembuatan Tata Tertib Karyawan
NO                : 01
DI SAHKAN OLEH
TGL              : 20 Oktober 2013
DIREKTUR
MANAGER
REVISI KE : 0
TTD
TTD
HALAMAN : 01/01
ASPEK
GARIS BESAR SOP
PENGERTIAN
SOP Pembuatan Tata Tertib karyawan adalah Standar Mutu Minimal untuk membuat suatu tata tertib yang akan di jadikan pedoman karyawan
TUJUAN
1.      Mengurangi terjadinya kesalahan
2.      Memudahkan pelaksanaan tata tertib
PETUGAS
Manajer
JAM
Relatif
TEMPAT
Bengkel
PROSEDUR
1.      Menyiapkan hal yang akan di masukkan dalam tata tertib
2.      Mengetik list tersebut ke dalam PC
3.      Mencetak list tersebut ke dalam kertas
4.      Memvalidasi Tata tertib tersebut.
ALAT KERJA
1.      PC
2.      ATK
3.      Mesin Cetak




SOP Pelaksanaan Tata Tertib Karyawan
NO                : 02
DI SAHKAN OLEH
TGL              : 20 Oktober 2013
DIREKTUR
MANAGER
REVISI KE : 0
TTD
TTD
HALAMAN : 01/01
ASPEK
GARIS BESAR SOP
PENGERTIAN
SOP  pelaksanaan tata tertib karyawan adalah standar mutu minimal untuk melaksanakan tata tertib sesuai dengan yang tercantum dalam tata tertib
TUJUAN
1.      Mengurangi terjadinya kesalaha
2.      Memperlancar kegiatan organisasi
PETUGAS/STAF
 Teknisi, Manajer, Bag. Keuangan dan pemasaran
JAM
08.00-16.00
TEMPAT
Bengkel
PROSEDUR
1.      Menempelkan Tata Tertib pada dinding
2.      Membaca dan memahami isi tata tertib
3.      Mengikuti setiap tata aturan yang ada pada tata tertib
ALAT KERJA
1.      Tata Tertib





SOP Perekrutan Karyawan
NO                : 03
DI SAHKAN OLEH
TGL              : 20 Oktober 2013
DIREKTUR
MANAGER
REVISI KE : 0
TTD
TTD
HALAMAN : 01/01
ASPEK
GARIS BESAR SOP
PENGERTIAN
SOP Perekrutan Karyawan adalah
TUJUAN
1.      Memberikan kemudahan dalam merekrut karyawan
PETUGAS/STAF
Manajer
JAM
Relatif
TEMPAT
Bengkel
PROSEDUR
1.      Menyiapkan hal yang akan di bicarakan
2.      Mewawancarai calon karyawan
3.      Merekam setiap pembicaraan
4.      Memasukkan hasil pembicaraan ke dalam alat rekam
5.      Memberikan surat tunggu untuk diterima atau tidaknya calon karyawan
ALAT KERJA
1.      ATK
2.      Alat Rekam


0 comments: